Tombol +1 :"Like" Versi Google

Setelah beberapa rumor yang beredar mengenai rencana Google menghadirkan feature sosial pada situsnya, hari ini rencana tersebut terwujud. Situs penelusuran terbesar di dunia ini menghadirkan sebuah ikon khusus dengan fungsi yang serupa dengan tombol “Like” pada Facebook. Google menamakannya “+1.” Feature ini digunakan untuk merekomendasi hasil penelusuran situs maupun iklan kepada seluruh kontak pengguna.


Selama ini, Dengan banyaknya hasil pencarian yang ditampilkan Google, pengguna mungkin mengalami kesulitan untuk memilih hasil yang paling tepat untuk kebutuhannya. Apalagi kalau pencarian yang dilakukan oleh pengguna bersifat darurat dan tidak banyak waktu yang dapat diluangkan untuk mengamati setiap hasil satu per satu. Di saat seperti inilah peran tombol +1 terasa. Pengguna dapat merekomendasikan hasil penelusuran atau situs yang ia buka kepada teman dan kerabat, tanpa perlu mengirimkan link situs melalui email, messenger, SMS, atau media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Pada saat melakukan penelusuran di Google, pengguna dapat melihat situs apa saja yang direkomendasikan dan siapa yang merekomendasikannya. Dengan begitu, memilih satu dari ratusan hasil penelusuran menjadi jauh lebih mudah.
Sayangnya, feature +1 ini masih dalam tahap percobaan dan hanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna di Amerika Serikat. Belum ada tanggal resmi perilisan feature ini secara global. Namun, berdasarkan video pengenalan yang diluncurkan oleh Google, tombol +1 juga dapat membantu pengembang situs untuk meningkatkan jumlah pengunjungnya.

Related Posts: