Celah Keamanan Adobe Flash Player

Mungkin aplikasi yang satu ini wajib ada disetiap perangkat yang dibawa orang modern jaman sekarang (Kecuali perusahan Steve Jobs). Ya, karena fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memainkan file video berbentuk flash.

Tapi tahukah kalian ada celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh haker untuk mengambil data yang ada di perangkat anda. Maka Pada 14 Maret 2011 lalu Adobe mengeluarkan pengumuman di security buletin-nya untuk Adobe Flash Player 10.2 kebawah untuk semua platform terdapat suatu lubang keamanan. Lubang keamanan ini dapat membuat sistem crash dan berpotensi untuk memudahkan seorang hacker menyerang dan mengambil alih sistem.

Serangan tersebut dapat terjadi saat korban mendapatkan sebuah file Flash (.swf) yang di dalamnya disusupkan sebuah file Microsoft Excel (.xls) melalui attachment email. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat mendapatkan email yang memiliki attachment .swf. Patch untuk lubang keamanan ini sedang dikerjakan oleh para teknisi Adobe.

  • Adobe Flash Player 10.2.152.33 dan versi sebelumnya untuk sistem operasi Windows, Macintosh, Linux, dan Solaris.
  • Adobe Flash Player 10.2.154.18 dan versi sebelumnya untuk Google Chrome.
  • Adobe Flash Player 10.1.106.16 dan versi sebelumnya untuk Android.
  • Komponen Authplay.dll dari Adobe Reader dan Acrobat X (10.0.1) dan versi sebelumnya untuk sistem operasi Windows dan Macintosh.
Sumber: Adobe Security Bulletin

Related Posts: