Xbox Mengeluarkan Prosessor Baru

Perkembangan teknologi memang tampak tidak berbatas, termasuk juga yang terjadi di industri game. Konsol merupakan bukti nyata dari perkembangan itu. Sebagai media permainan yang dimaksimalkan untuk memainkan setiap game yang hadir, konsol bukanlah teknologi yang stagnan. Para manufaktur terus berusaha mengembangkan konsol yang lebih bertenaga, namun di sisi lain lebih hemat tenaga dan ruang. Konsep tentang konsol SLIM adalah bukti yang paling nyata.
Microsoft kabarnya akan menghadirkan prosessor terbaru untuk XBOX 360. Lewat event E3 2011 yang diselenggarakan belum lama ini, sang raksasa software tersebut menyampaikan pengumuman tersebut. Sebuah SoC (System-on-chip) baru akan diadaptasikan ke mesin XBOX 360 Slim 250GB Kinect-ready terbaru. SoC yang terdiri dari 372 juta transistor ini akan memiliki CPU (tiga inti), GPU (ATI), dual-channel memory, dan I/O, dan FSB baru. Konsep yang tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki Fusion dari AMD dan Sandy Bridge dari Intel. Prosesor ini sendiri akan ditangani oleh IBM.

Lantas apa yang akan gamer dapatkan dengan SoC baru ini? Secara garis besar, tidak ada perubahan yang mendasar di game yang akan muncul di layar kaca Anda. Namun, dengan penggunaan teknologi seperti ini, XBOX 360 Anda akan jauh lebih efisien dalam hal penggunaan tenaga. Tidak hanya itu saja, Microsoft mungkin akan menurunkan harga XBOX 360 itu sendiri karena biaya manufaktur SoC seperti ini membutuhkan biaya yang lebih rendah. SoC terbaru ini membutuhkan proses pengembangan hingga lima tahun, setengah dari umur XBOX 360 yang dirilis 10 tahun yang lalu.
Jadi jika Anda berkeinginan untuk membeli XBOX 360 dalam waktu dekat, ada baiknya menunggu hingga versi terbaru dengan SoC ini rilis terlebih dahulu. Dengan kemungkinan harga yang lebih murah dan kinerja yang lebih efisien, kesabaran Anda akan terbayarkan.
Jagat

Related Posts: